Sehat dan Bahagia bersama MELILEA

Rahasia Kesehatan Luar dan Dalam Secara Alami

Jenis dan Gejala Keputihan

Posted by melileasehat pada 23 Agustus 2008

| Artikel | Home | Tentang Melilea | Produk Melilea | Peluang Bisnis | Distributor | Pemesanan | Testimonial | Form Pendaftaran | Form Pemesanan | Hubungi Kami |

Keputihan (leukorea, white discharge, fluor albus)

Vagina merupakan organ reproduksi wanita yang sangat rentan terhadap infeksi. Hal ini disebabkan batas antara uretra dengan anus sangat dekat, sehingga kuman penyakit seperti jamur, bakteri, parasit, maupun virus mudah masuk ke liang vagina. Untuk itu, wanita harus rajin merawat kebersihan wilayah pribadinya ini.

Infeksi juga terjadi karena terganggunya kesimbangan ekosistem di vagina. Ekosistem vagina merupakan lingkaran kehidupan yang dipengaruhi oleh dua unsur utama, yaitu estrogen dan bakteri Lactobacillus atau bakteri baik.

Infeksi yang sering terjadi pada vagina adalah keputihan. Keputihan atau dalam istilah kedokteran disebut leukorea, white discharge, fluor albus, adalah gejala penyakit yang ditandai keluarnya cairan dari organ reproduksi, dan bukan berupa darah.

Jenis Keputihan

Berdasarkan gejala yang timbul, keputihan dibedakan menjadi dua, yaitu normal dan abnormal. Keputihan normal ditandai oleh keluarnya lendir jernih pada saat masa subur atau sebelum menstruasi, tidak berbau, serta tak ada keluhan gatal pada vagina. Sebaliknya, keputihan abnormal menandakan adanya infeksi pada vagina yang dibedakan berdasarkan penyebabnya, yaitu Bacterial Vaginosis, Trichomoniasis, dan Candidiasis.

Gejala Keputihan


Bacterial Vaginosis merupakan keputihan akibat meningkatnya bakteri patogen, sehingga Lactobacillus menurun, pH vagina meningkat, menjadi bersifat basa. Biasanya gangguan ini ditandai gejala klinis seperti lendir vagina sedikit, homogen, putih keabu-abuan, bau tidak sedap, tetapi tidak menyebabkan iritasi.

Jika keadaan ini dialami oleh ibu hamil, akan berisiko pada kelahiran prematur. Risiko lainnya adalah kehamilan di luar rahim dan kadang menyebabkan radang panggul.

Keputihan Candidiasis, yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Gejala klinis yang dialami penderita berupa rasa gatal, lendir vagina berbentuk seperti kepala susu, dan berbau. Keluhan lain yang sering muncul adalah nyeri vagina, rasa terbakar di bagian luar vagina (vulva), serta nyeri saat sanggama dan berkemih.

Perlunya Perhatian

Keputihan abnormal bila tidak diobati secara benar akan berakibat pada kemandulan, infeksi saluran telur, bahkan awal munculnya pertumbuhan kanker mulut rahim. Karena itu, bila telanjur mengalami keputihan, lakukan pemeriksaan pap smear.

Menurut Dr. Junita Indarti, Sp.OG, (spesialis kebidanan dan kandungan dari FKUI-RSCM), hal penting yang harus diketahui, yaitu menjaga keseimbangan ekosistem vagina agar tidak terjadi infeksi. Ia mengingatkan, cara paling mudah adalah menjaga kebersihan vagina, tetapi dengan tetap mempertahankan derajat keasaman pH, sehingga pertumbuhan Lactobacillus meningkat dan perkembangbiakan organisme patogen terhambat.

Referensi :

http://www.tanyadokteranda.com

http://www.blogdokter.net

http://www.sexualhealthwoman.com

http://en.microdigitalworld.ru

berbagai sumber.

| Artikel | Home | Tentang Melilea | Produk Melilea | Peluang Bisnis | Distributor | Pemesanan | Testimonial | Form Pendaftaran | Form Pemesanan | Hubungi Kami |

About these ads

116 Tanggapan to “Jenis dan Gejala Keputihan”

  1. esty said

    dokter saya mengalami keputihan sudah 4 hari ini, dan bukan pada masa ovulasi.
    keputihan tersebut berwarna pitih kental kehijauan.
    saya merasa takut tapi saya malu kalau harus kedokter kandungan.
    apa yang harus saya lakukan. thanks dok…

  2. melileasehat said

    esty Berkata:
    16 Oktober 2008 pada 11:14 am e
    dokter saya mengalami keputihan sudah 4 hari ini, dan bukan pada masa ovulasi.
    keputihan tersebut berwarna pitih kental kehijauan. saya merasa takut tapi saya malu kalau harus kedokter kandungan. apa yang harus saya lakukan. thanks dok…

    Ciri-ciri keputihan yang tidak normal biasanya terindikasi dari warnanya yang tidak putih, tetapi kuning kehijauan. Bentuknya pun tidak cair, tetapi jauh lebih kental dan cenderung menjadi padat. Selain itu dari aromanya tercium bau amis yang cukup tajam. Saat buang air kecil pun, mungkin akan disertai dengan rasa gatal pada daerah sekitar vagina.

    Berikut beberapa gejala keputihan yang masuk dalam kategori tidak normal, yang mungkin mirip dengan yang Ibu alami ;
    1. Jika cairan yang keluar seperti susu kental, lengket, sangat banyak dengan bau yang tidak begitu mencolok maka kemungkinan telah terjadi radang pada serviks/leher rahim (servisitis) dan vagina (vaginitis).
    2. Bila cairan yang keluar putih, encer berbintik bintik banyak, berbau apek disertai dengan nyeri saat buang air kecil serta gatal di sekitar kemaluan maka kemungkinan wanita tersebut menderita infeksi yang disebabkan oleh jamur. Candida albicans adalah jamur yang paling sering hinggap di kemaluan seorang wanita.
    3. Bila cairan yang keluar kuning kehijauan, berbusa, merah, sangat banyak, gatal, berbau busuk dan ditemukan nyeri tekan pada sekitar kemaluan serta kemerahan pada vagina, maka kemungkinan telah terjadi infeksi yang disebabkan oleh kuman protozoa Trichomonas vaginalis.
    4. Bila cairan yang keluar berwarna kuning, kental, sangat banyak, terasa panas dan gatal pada kemaluan, nyeri tekan pada daerah sekitar kemaluan, nyeri saat buang air kecil, maka kemungkinan infeksi yang disebabkan oleh Nisseria gonorrhoe atau lebih beken disebut GO.

    Keputihan yang tidak normal ini bisa dihindari, antara lain dengan cara :
    a. Celana dalam satin boleh saja menjadi pilihan Anda. Tapi untuk sehari-hari, akan lebih baik jika Anda memilih pakaian dalam dari bahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik.
    b. Jagalah agar kewanitaan Anda tidak lembab. Bila berkeringat atau setelah buang air, keringkan langsung dengan tissue.
    c. Terpaksa buang air di tempat umum? Hindari membasuh kewanitaan Anda dengan air dalam bak ataupun air telah tersedia (menggenang). Sebaiknya basuh dengan air yang mengucur dari kran, karena tidak pernah tahu air dalam bak tersebut sudah tercemar jamur candida ataupun bakteri tertentu.
    d. Anus adalah salah satu bagian tubuh dimana terdapat mikro organisme. Biasakan diri melakukan gerakan dari arah depan ke belakang (vagina ke anus) untuk menghindari terjadinya infeksi.
    e. Membilas vagina dengan cairan khusus boleh saja, asal jangan terlalu sering dan pilih yang tanpa parfum. Ini menghindari bentroknya ‘aroma’ asli vagina dengan parfum sabun.
    f. Bila sedang mengalami keputihan, tunda dulu melakukan hubungan intim untuk sementara. Bila tingkat keputihan sudah mengkhawatirkan, periksakan ke dokter.

    Pola makan dapat juga membantu untuk memperkecil risiko inveksi jamur vagina yaitu dengan asupan cukup cairan (baik dalam bentuk minuman maupun makanan), asupan cukup serat dari buah dan sayuran, hindari makanan yang terlalu banyak mengandung tepung dan gula.

    Ada juga cara tradisional untuk menghindari inveksi jamur vagina dengan daun sirih. Daun sirih 5-7 lembar direbus dengan 2 liter air. Dalam keadaan hangat gunakan untuk membasuh daerah di sekitar (luar) vagina.

    Jadi, sangat disarankan agar Ibu periksa ke dokter untuk memastikan kondisi Ibu dan mendapatkan penjelasan serta penanganan yang tepat.
    (Kenapa mesti takut dan malu Bu …, khan untuk kebaikan sendiri)

    Nb : Oya maaf Bu, saya bukan dokter koq …. :),
    Saya hanya sedikit tahu & berusaha selalu peduli dengan kesehatan.

    Salam,
    Ita
    melileasehat

    • lala said

      salam kenal, saya ingin bertanya juga nih … dulu semasa smp saya mengalami keputihan tp karna saya kurang mengerti akhirnya saya biarkan saja sampai saya beranjak smu … dan pd akhirnya saya di bawa orangtua saya berobat ke dokter dan di beri obat hingga saya sembuh , pd waktu itu keputihan saya itu sangat ber bau dan warna putih seperti susu dan bahkan kekuningan.. skrg keputihan itu sering datang lg walaupun tidak separah dulu, dan saya telah ke dokter itu lagi tp di beri obat semprot saja, yg saya tanyakan apakah bisa keputihan ini yg menyebabkan saya sampai skrg blm mendapatkan keturunan ? terimakasih

      • Dira said

        salam kenal juga saya Dira ,,,ternyata kita sama saya juga penderita keputihan mirip sama kamu ,,,sampe-sampe saya udah ga’betah lagi CD yang saya kanakan selalu saja membekas warna kunung……gimana yachh yang lain CDnya pada bersih kok… dan satu lagi saya terkena inii udah lama sebelum saya menstruasi udah kaya gini tapi hal-hal semacam ini saya jarang curhat sama ibu.

  3. orin said

    bu, saya mengalami keputihan d usia 13 th sekarang saya sudah berusia 16 th, dia tuh seperti lendir kadang padat, berbau, gatal, pertama ny saya tidak tahu kalau kaputihan yg saya alami adalah keputihan abnormal, tapi baru baru ini, saya baru tahu….
    jadi saya sudah 3 tahun tidak memeriksanya ke dokter, apa itu baresiko buat saya, karena tidak mengobatiny dari awal…?
    dan bagaimana caranya agar bisa menanggulangi keputihan yg saya alami ini….?

  4. orin berkata
    21 Juni 2009 pada 6:09 pm
    bu, saya mengalami keputihan d usia 13 th sekarang saya sudah berusia 16 th, dia tuh seperti lendir kadang padat, berbau, gatal, pertama ny saya tidak tahu kalau kaputihan yg saya alami adalah keputihan abnormal, tapi baru baru ini, saya baru tahu….
    jadi saya sudah 3 tahun tidak memeriksanya ke dokter, apa itu baresiko buat saya, karena tidak mengobatiny dari awal…?
    dan bagaimana caranya agar bisa menanggulangi keputihan yg saya alami ini….?

    Adik Orin,
    Tidak perlu kuatir, tidak ada kata terlambat.
    Memang dari yang Adik gambarkan maka kemungkinannya adalah memang keputihan yang abnormal.

    Untuk mengetahui keadaan secara pasti, saya sarankan Adik periksa ke dokter / dokter spesialis kandungan untuk melakukan test pap smear.

    Hal yang perlu diperhatikan adalah :
    1. Pilih celana dalam dari kain katun, yang dapat menyerap keringat dengan baik
    2. Jaga agar daerah kewanitaan tetap kering, Bila berkeringat atau setelah buang air, keringkan langsung dengan tissue.

    Pola makan dapat juga membantu untuk memperkecil risiko inveksi jamur vagina yaitu dengan asupan cukup cairan (baik dalam bentuk minuman maupun makanan), asupan cukup serat dari buah dan sayuran, hindari makanan yang terlalu banyak mengandung tepung dan gula.

    Silakan juga lihat jawaban komentar sebelumnya untuk referensi …

    Dan …, jangan lupa segera periksa ke dokter ya…

    Salam,

  5. Nury said

    Saya mau nanyak juga…
    Aktifitas saya banyak sekali, mulai dari malam mempunyai banyak pekerjaan… apakan stabilitas tubuh, kecapekan dan stress bisa mengakibatkan keputihan?
    keputihan saya ini beragam, kadang berupa cairan bening, kadang seperti susu tapi tidak berbau, tapi kalau sudah sangat capek bisa cairan putih kehijauan dan bau, tapi tidak sering. Saya tidak pernah ke dokter, baru baru ini menggunakan sabun antiseptik khusus vagina. dan apakah pantylines juga merangsang terjadinya keputihan? mohon bantuannya.

    nury

  6. melileasehat said

    Nury berkata
    31 Agustus 2009 pada 7:54 pm e
    Saya mau nanyak juga…
    Aktifitas saya banyak sekali, mulai dari malam mempunyai banyak pekerjaan… apakan stabilitas tubuh, kecapekan dan stress bisa mengakibatkan keputihan?
    keputihan saya ini beragam, kadang berupa cairan bening, kadang seperti susu tapi tidak berbau, tapi kalau sudah sangat capek bisa cairan putih kehijauan dan bau, tapi tidak sering. Saya tidak pernah ke dokter, baru baru ini menggunakan sabun antiseptik khusus vagina. dan apakah pantylines juga merangsang terjadinya keputihan? mohon bantuannya.
    nury

    Kemungkinan Anda mengalami keputihan dalam kategori yang abnormal, dan gejalanya dapat berbeda menuru kondisi tubuh (faktor stress, kecapekan, dll). Ciri-ciri keputihan yang tidak normal biasanya terindikasi dari warnanya yang tidak putih, tetapi kuning kehijauan. Bentuknya pun tidak cair, tetapi jauh lebih kental dan cenderung menjadi padat. Selain itu dari aromanya tercium bau amis yang cukup tajam. Saat buang air kecil pun, mungkin akan disertai dengan rasa gatal pada daerah sekitar vagina.
    – Membilas vagina dengan cairan khusus boleh saja, asal jangan terlalu sering dan pilih yang tanpa parfum. Usahakan hanya bagian luar saja, untuk menghindari iritasi lebih lanjut.
    – Jika memakai pentyline pilih yang bisa menyerap keringat, sehingga menghindari daerah kewanitaan lembab.
    (Silakan juga baca beberapa koemntar di atas ..)

    Silakan periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan tuntas, karena menyangkut organ reproduksi.

    Salam,

  7. asiyah agustian said

    dokter, saya mengalami keputihan hampir tiap hari. kadang bentuknya bening, kadang warnanya pekat, terkadang juga mengumpal seperti susu.kalau baunya cm amis.saya takut itu teermasuk gejala penyakit dalam.
    dulu saya pernah periksa ke dokter kandungan untuk periksa masalah menstruasi saya yang 2kali dalam sebulan.saat itu saya juga mangalami keputihan, tapi dokternya tidak bilang apa-apa tentang keputihan saya.
    manurut dokter Gmn?
    tolong berikan solusi y dok….

  8. melileasehat said

    asiyah agustian berkata
    11 November 2009 pada 3:15 pm e
    dokter, saya mengalami keputihan hampir tiap hari. kadang bentuknya bening, kadang warnanya pekat, terkadang juga mengumpal seperti susu.kalau baunya cm amis.saya takut itu teermasuk gejala penyakit dalam.
    dulu saya pernah periksa ke dokter kandungan untuk periksa masalah menstruasi saya yang 2kali dalam sebulan.saat itu saya juga mangalami keputihan, tapi dokternya tidak bilang apa-apa tentang keputihan saya.
    manurut dokter Gmn?
    tolong berikan solusi y dok….

    Kemungkinan Anda mengalami keputihan dalam kategori yang abnormal, dan gejalanya dapat berbeda menurut kondisi tubuh (faktor stress, kecapekan, dll). Ciri-ciri keputihan yang tidak normal biasanya terindikasi dari warnanya yang tidak putih, tetapi kuning kehijauan. Bentuknya pun tidak cair, tetapi jauh lebih kental dan cenderung menjadi padat. Selain itu dari aromanya tercium bau amis yang cukup tajam. Saat buang air kecil pun, mungkin akan disertai dengan rasa gatal pada daerah sekitar vagina.

    Keputihan abnormal perlu diperhatikan, bila tidak diobati secara benar akan bisa mengarah pada kemandulan, infeksi saluran telur, bahkan awal munculnya pertumbuhan kanker mulut rahim. Karena itu, bila teRlanjur mengalami keputihan, lakukan pemeriksaan pap smear.

    Jadi untuk mendapatkan penangganan yang tepat silakan periksa & berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Mungkin juga perlu dilakukan test pap smear.

    Nb : Oya maaf Bu, saya bukan dokter koq …. :) ,
    Saya hanya sedikit tahu & berusaha selalu peduli dengan kesehatan.

    Salam,

  9. asiyah agustian said

    trimakasih atas sarannya.

  10. dian said

    saya wanita berusia 18 tahun.saya sering mengalami keputihan kadang warnanya putih susu(kental),kadang jga kekuningan sampai dengan kuning kehijauan ..Kira” penangannya bgaimana karena saya tingga; bersama ayah dan merasa malu untuk sharing ataupun untuk ke dokter kandungan..dan kira” berapa biayanya kalau harus ke dokter..Thx

  11. nita said

    dok,
    saya wanita berusia 21 tahun, sudah 3 bulan ini saya menstruasi tidak lancar, bulan november saya menstruasi hanya sedikit pdhl sebelumnya normal saja, bulan desembr kemrn saya tidak mens bru bulan januari ini saya menstruasi tapi jumlahnya sedikit, setelah selesai mens tiba2 saya keputihan berwarna kuning kehijauan, padat, banyak, dan juga berbau, ?? bagaimana sarannya? apakah ini dipengaruhi psikis karena 3 bulan ini memang saya sedang banyak masalah, saya tidak berani untuk kedokter, dan saya takut untuk bercerita ke ortu, apa boleh kalo kita mengkonsumsi obat keputihan yang dijual bebas di apotek dok, terima kasih.

  12. julita said

    dok,saya mau nanya ,,, saya umur 16 mememang sih agak kegemukan…

    saya sedang mengalami gatal2 pada bagian luar vagina juga pada bagian selangkangan karna saya sering tidak sadar dan karna gatalna yang berlebihan saya menggarukna dan sekarang bagian luar vagina saya seperti agak bentol2 dan agak tebal kulitna,selangkangan saya pun pedih karna sudah lecet2,,,

    saya sudah mencoba sabun untuk vagina tapi belum sembuh juga ,dan guru saya menyarankan untuk menggunkan pantylaner awalna saat gatalna agak d dalam vagina pantylaner itu membantu dan sekarang saat d luar membantuna saat masih dingin saja,,,
    sebenarna saya terkena virus ap ci dok,dan bisa sembuh kah ini juga luka2 d bagian vagina dan selangkangan saya…

  13. kiki said

    Dear dokter yg baik,

    Dok, sudah hampir 2 tahun ini saya mengalami keputihan, keputihan yg saya alami berwarna putih susu, agak kental, dan berbau, tapi tidak menyebabkan gatal atau perih pada saat buang air. Apa kah ad obat yg bisa saya konsumsi untuk mengobati keputihan saya?? Kalau ad apa nama na?? Dan kira2 brp harga na?? Apa saya perlu pap smear?? Kalau memang perlu di mana tempat yg bagus y?? Trus harga na kr2 brp??
    Terima kasi dok=)

  14. Nia said

    Dok.skg nia berumur 28th blom menikah saya mengalami kaputihan 3 bln terakhir ini, keputihan yang saya alami berwarna putih susu, agak kental, kadang bau kadang tidak, tapi menyebabkan gatal sampai ke selangkangan sampai skg selangakangan jd kecoklatan karena terlalu sering saya garuk,tapi saat buang air saya tidak merasa sakit hanya pada saat datang bulan baru terasa sakit seperti di sayat pisau, apakah saya saya perlu ke dokter kandungan?dan perlukah saya pap smear?

    • melileasehat said

      Ciri-ciri keputihan yang tidak normal biasanya terindikasi dari warnanya yang tidak putih, tetapi kuning kehijauan. Bentuknya pun tidak cair, tetapi jauh lebih kental dan cenderung menjadi padat. Selain itu dari aromanya tercium bau amis yang cukup tajam. Saat buang air kecil pun, mungkin akan disertai dengan rasa gatal pada daerah sekitar vagina.

      Berikut beberapa gejala keputihan yang masuk dalam kategori tidak normal, yang mungkin mirip dengan yang mbak alami ;
      1. Jika cairan yang keluar seperti susu kental, lengket, sangat banyak dengan bau yang tidak begitu mencolok maka kemungkinan telah terjadi radang pada serviks/leher rahim (servisitis) dan vagina (vaginitis).
      2. Bila cairan yang keluar putih, encer berbintik bintik banyak, berbau apek disertai dengan nyeri saat buang air kecil serta gatal di sekitar kemaluan maka kemungkinan wanita tersebut menderita infeksi yang disebabkan oleh jamur. Candida albicans adalah jamur yang paling sering hinggap di kemaluan seorang wanita.
      3. Bila cairan yang keluar kuning kehijauan, berbusa, merah, sangat banyak, gatal, berbau busuk dan ditemukan nyeri tekan pada sekitar kemaluan serta kemerahan pada vagina, maka kemungkinan telah terjadi infeksi yang disebabkan oleh kuman protozoa Trichomonas vaginalis.
      4. Bila cairan yang keluar berwarna kuning, kental, sangat banyak, terasa panas dan gatal pada kemaluan, nyeri tekan pada daerah sekitar kemaluan, nyeri saat buang air kecil, maka kemungkinan infeksi yang disebabkan oleh Nisseria gonorrhoe atau lebih beken disebut GO.

      Keputihan yang tidak normal ini bisa dihindari, antara lain dengan cara :
      a. Celana dalam satin boleh saja menjadi pilihan Anda. Tapi untuk sehari-hari, akan lebih baik jika Anda memilih pakaian dalam dari bahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik.
      b. Jagalah agar kewanitaan Anda tidak lembab. Bila berkeringat atau setelah buang air, keringkan langsung dengan tissue.
      c. Terpaksa buang air di tempat umum? Hindari membasuh kewanitaan Anda dengan air dalam bak ataupun air telah tersedia (menggenang). Sebaiknya basuh dengan air yang mengucur dari kran, karena tidak pernah tahu air dalam bak tersebut sudah tercemar jamur candida ataupun bakteri tertentu.
      d. Anus adalah salah satu bagian tubuh dimana terdapat mikro organisme. Biasakan diri melakukan gerakan dari arah depan ke belakang (vagina ke anus) untuk menghindari terjadinya infeksi.
      e. Membilas vagina dengan cairan khusus boleh saja, asal jangan terlalu sering dan pilih yang tanpa parfum. Ini menghindari bentroknya “aroma” asli vagina dengan parfum sabun.
      f. Bila sedang mengalami keputihan, tunda dulu melakukan hubungan intim untuk sementara. Bila tingkat keputihan sudah mengkhawatirkan, periksakan ke dokter.

      Pola makan dapat juga membantu untuk memperkecil risiko inveksi jamur vagina yaitu dengan asupan cukup cairan (baik dalam bentuk minuman maupun makanan), asupan cukup serat dari buah dan sayuran, hindari makanan yang terlalu banyak mengandung tepung dan gula.

      Ada juga cara tradisional untuk menghindari inveksi jamur vagina dengan daun sirih. Daun sirih 5-7 lembar direbus dengan 2 liter air. Dalam keadaan hangat gunakan untuk membasuh daerah di sekitar (luar) vagina.

      Jadi, sangat disarankan agar Mbak Nia periksa ke dokter untuk memastikan kondisi dan mendapatkan penjelasan serta penanganan yang tepat. (Gak usah malu / takut , khan untuk kebaikan sendiri)

      Nb : Oya maaf, saya bukan dokter koq :) , Saya hanya sedikit tahu & berusaha selalu peduli dengan kesehatan.
      Salam

  15. Lisdawati said

    Dok, skrg saya umur 38 thn, br 2 mgg menikah. yg ingin saya tanyakan. kenapa saya jadi keputihan,setalah berhubungan dengan suami.ada rasa gatal dan sedikit perih menusuk didalam vagina saya,pada waktu-waktu tertentu.keputihan saya berbau amis dan berbentuk kental.ada apa dengan vagina saya ya dok.obat apa yg bagus buat saya.terima kasih sebelumnya……..

  16. tia said

    saya mw tanya saya tiap hari mengalami keputihan, awalnya itu sejak sy berusia sekitar 16 th dan sekarang saya 22 tahun, cirinya warnanya putih susu berlendir,mengeras menjadi kuning kehijauan tp tidak gatal,…. lalu seperti apa ya pengobatannya secara tradisional,, saya juga sudah berusaha mencoba?????

  17. cecem said

    halo.. saya boleh nanya….?
    begini mba, sebelum saya cek ke dr keputihan saya warna kuning, cair, dan bau. Lalu saya kemarin udah periksa keputihan saya ke dokter dengan hasil lab terdapat kuman gram negatif&positif & epitel. Saya diberi obat antibiotik, obat gatal dan obat yang dimasukkan lewat vagina. Seminggu kemudian keputihan saya tidak keluar lagi, tapi setelah saya berhubungan seks dgn suami saya keputihan keluar lagi warna putih ke bening (2 kali), lalu saya dikasih obat yang sama lagi oleh dr. Trus blakangan dia masih keluar sedikit sekali, membekas dicelana dalam, bercak kuning dan kl dikikid pake kuku terlihat kental agak kuning tp tidak banyak, tidak bau.

    kebetulan saya juga menderita hipertiroid, dan belakangan saya stress dan capek bgt (hormon tiroid naik). Apakah hal itu berpengaruh pada keputihan saya ? Atau saya salah obat?

    makasih sebelum nya mba.

  18. yumi said

    saya masih berumur 16th. sya mengalami keputihan ini baru skrg2 saja . warnanya putih susu padat hmpir menyerupai nasi yng lembek .
    gatal dan sering saya garuk sampai lecet, berbau . itu bahaya gak ya dok ?

  19. sari said

    Dokter, sy berumur 34 th skr lg hamil 4 bln dg bayi dlm kandungan berat 100 gr tp terdapat myoma 9,6 cm sy ingin tanya apakah ada jalan lain selain operasi untuk mengeluarkan myoma? krn myoma menempel didinding rahim dan apakah aman sy konsumsi greenfield organic selama hamil? apa bs GO bs meneluarkan myoma atau hrs operasi jg?mhn blsan..thx

  20. julia said

    doktor,sy ingin bertanya..
    saya mengalami keputihan kekuningan..
    ni sebabkn ape ye?? sy risau..

  21. annisa said

    dok, kalau keputihan berwarna kekuningan, kadang-kadang gatal, tapi tidak berbau.. hal ini sudah berlangsung 1 tahun ini. apakah keputihan ini normal atau tidak?

  22. ocha' said

    dok,,, sy srg keputihan, tp bentuknya seperti gumpalan dan banyak sekali… rasa gatal pada saat keputihan keluar tidak ada. dan sering keluar cairan yang berbau amis.. ini termasuk keputihan normal atau abnormal dok??
    trims…

  23. nurlaili said

    saya berusia 29th mei ini, saya sudah menikah hampir 2 tahun, saya mengalami masalah keputihan, cairan ini tidak gatal menggumpal berwarna putih,tidak berwarna tapi agak berbau, saya sangat risih dengan keputihan ini, aktivitas saya memang sangat sibuk,dari pagi jam 5 saya bangun dan berangkat kerja pulang jam 3 sore dan saya juga harus mengurusi rumah tangga saya lagi, keputihan ini sangat mengganggu apalagi setiap saya hendak sholat saya merasa ada bersih karena keputihan ini, dok apakah keputihan ini juga yang menyebabakan saya lama mendapatkan momongan, tolong diberikan saran dok bagaimana solusinya karena saya juga ingin hubungan dengan suami tidak terganggu karena keputihan ini……..trim’s

  24. fanny said

    saya ingin bertanya dok,bagaimana cara mengatasi atau mengobati keputihan yang disebabkan krn bakteri. . . . ???
    mhon d balas ya dok. . . . . .
    trim’s..

  25. nurlaili said

    dok……tanggal 11 juni 2010 pertanyaan saya belum dijawab dok..tolong ya dok gmn solusinya, karena saya pingin sekali punya momongan..trims dok

  26. rahayu said

    dok..
    saya baru 19th,saya blm menikah,tapi saya udah koitus.
    akhir” ini saya keputihan. brwarna kuning,bergumpal”,amis dan gatal.
    saya takut mau periksa k dokter krn saya kn blm menikah.
    jadi apa benar saya ini terkena G.O ???
    dan obat apa yang bisa saya gunakan utk mengurangi keputihan saya???

  27. via said

    ass.dok… saya 21 thun, dok saya mw nanya saya mengalami keputihan sebelom haid trus setelah haid keputihan masih juga. keputihan saya ini berupa cairan putih yg lengket pada celana dalam yg saya pakai.. n terasa basah ketika kita memakai nya. saya mw nanya keutihan saya ini termasuk keputihan jenis apa n apakah termasuk keputihan penyakit yg bisa meninbulkan kemandulan yg sering dikata orang?? mohon penjelasan n solusinya dok… makasih sebelom nya.

    di tunggu secepatnya dok solusi nya yach.

  28. echa said

    dok, tiap say keputihan ko rasanya mual2? seperti saat haid. kenapa yach?

  29. chocolate said

    kalo sya termasuk yang mana ya ?
    saya tidak tahu apakah ini keputihan atau bukan, cairan yang dikeluarkan kadang warna putih susu, bening, kadang2 kuning, tetapi tidak berbau menyengat, saya selalu merasa gatal apabila memakai pakaian dalam saja, maka dari itu saya memakai pembalut wanita setiap hari (sudah berjalan 3 tahun) dan itu menghilangkan rasa gatal, anehnya setiap kali sebelum haid, cairan yang dihasilkan berkurang.. kira2 kenapa ya ? thx

  30. bara said

    saya bara umur 22 tahun, saya mengalami keputihan sepertinya abnormal, karna keputihan saya bayak sekali warna kehijauan kental bahkan padat, sebenarnya obat apa yng bisa mnyembuhkan keputihan saya jika saya mau periksa pap smear tapi saya kan blm menikah dan msih dikatakan perawan jadi bagaimana solusinya,sebelun n sesudahnya saya ucapkn trmaksih

    • melileasehat said

      Pap smear bukan hanya untuk yang sudah menikah. Jadi sangat disarankan untuk periksa ke dokter untuk mandapatkan kejelasan dan dan penanganan yang tepat. Silakan tidak perlu sungkan / takut.

  31. Lilo said

    saya ingin tanya, kalau cairan yang berwarna putih seperti susu, agak kental, berbau, tapi tidak gatal, apakah itu keputihan abnormal? kalau iya, bagaimana cara penanganannya? Thanks

  32. rudi said

    malem mbak…
    sblm’y saya mnta maaf…
    saya sudah pacaran slama 4 taun dengan cewek saya…
    dan rencana tahun depan nikah…

    kta cweq saya…
    dy skrg lg kputihan cma kputihan’y warna kuning n kental…
    dan udh 2 mnggu g haid…

    apakah kputihan yg tergolong abnormal nih pengaruh jg ya ke telat’y haid…

  33. lusi said

    Mba aku mu lh hamil jln 8minggu,ngalamin keputihan kdg bening,kdg kuning keijoan,kdg gatel,kdg ga…dikasi antibiotik ama dr kandgn,tp sy ga mau mnm obat mba..tkt knp2 dgn janin saya dan bdampak nantinya pd pembentukan dan perkembangan janin,sy bingung mba,risau dan tkt sekali,ini kehamilan sy yg ke dua,sy mnt solusi nya selain mnm obat mba..sy byk bc dia rtikel ktnya keputihan abnormal itu bbahaya sekali buat ibu hamil dan kandungannya,bs menyebabkan kelahiran prematur,cacat,bahkan sampai kematian ibu dan anak,,,,sy mnt solusinya bgt mba.terima kasih

  34. gitara said

    dok,,, di vagina saya ada cairan putih berwarna kuning seperti susu pecah yg tidak terlarut dalam air,,
    apakah itu namanya keputihan?????????
    bahaya gag

  35. feny said

    bu sya pengen tanya..apa kah keputihan yang berbau amis lalu berwarna kuning kdang agk kehijawan itu bahaya??
    sya akhir-akhir ini sering bgt keluar keputihan lalu sya slalu memakai pentyliners yg biasa karna klo ga pke pentyliners celana dalam sya slalu sja kotor dan klo sudah kering tu berkerak seperti ingus yg udah kering dan berbau amis…penyebabnya apa y?apakah keputihan sya ini termasuk berbahaya??bagai mna cara menyembuhkan nya?keputihan ini sya dah alami 6 bulan…kadang keputihan nya suka gatal…apakah ada obatnya?

  36. nisa said

    dok,,
    aku mengalami keputihan yg sangat aneh..
    seperti gumpalan putih” gtu,,
    warna hijau ke kuning”n..
    namun aku kadang suka gatel di daerah vaginaku.
    apakah itu bahaya dok??
    kira” obatnya apa?

  37. elektra said

    bu saya mw nanya akhir-akhir ini saya sering mengalami keputihan dalam jumlah yang banyak dan encer sudah itu baunya tidak enak, apa solusinya bu agar keputihan saya bisa keluar secara normal?

  38. via said

    Mau tanya ni..
    saya keputihan, baru 1x ini..
    bentukx kayak bubur putih gitu, baunya seperti obat, gatal sekali, dan beberapa kali panas..
    terus saya coba buat bersihin pake tisu, ada seperti bercak darah gitu..(apa emang ada darahnya atao karena goresan tisu?)
    apa ini bahaya?
    kalo pake pantyliner boleh g ya?soalnya untuk ganti CD agak susah apa lg kalo di kantor..

  39. MELI said

    saya udah lama banget punya keputihan ,,, tapi saya belum pernah periksa ke dokter ,,,,, cara tradisional udah saya lakuin tapi tetap saja tidak berhasil,,,say keputihan wktu duduk d bangku smp dan smpe sekarang d sma masih mengalaminya….

  40. MELI said

    saya sudah coba dengan cara tradisional tapi tetep aj tidak berhasil,,,,,,,,,,,,,,,, bagamaimana?

  41. novi said

    assalamualaikum, saya mau tanya.. akhir2 ini saya sering keputihan, warnanya seperti cairan susu apa itu dan baunya tak sedap, tapi saya tidak merasakan gatal pada vagina saya, apa ini bahaya ? makasih

  42. zauza said

    Dokk,
    saya berumur 12 tahun saya mengalami keputiha warna nya kuning kehijau – hijauan . dan bentuknya agak padat itu kenapa dok?
    dan gimana cara nyembuhin nya? adakah obatnya?

  43. fitri said

    dokk,
    saya fitri umr 20,
    sya mau tanya..
    saya mengalami keputihan ,kadang berwarna putih susu kdg menggumpal,kadang bening tdk mnggumpal.. kadang-kadang terasa gatal , dan di celana dalam berwarna kuning, dan kdg” jika bsah mengeluarkan bau tdk sedap..
    bagaiman solusi / cara penyembuhan’y??

    saya blum memeriksakan k dokter karena mau .. :(

    d tunggu info’y..
    trimakasih :)

  44. fitri said

    dokk,
    saya fitri umr 20,
    sya mau tanya..
    saya mengalami keputihan ,kadang berwarna putih susu kdg menggumpal,kadang bening tdk mnggumpal.. kadang-kadang terasa gatal , dan di celana dalam berwarna kuning, dan kdg” jika bsah mengeluarkan bau tdk sedap..
    bagaiman solusi / cara penyembuhan’y??

    saya blum memeriksakan k dokter karena malu .. :(

    d tunggu info’y..
    trimakasih :)

  45. dera said

    usia saya 19th
    pda blan des’10 sya mengalami kputihan brwarna hijau k’kuningan . kmudian sya k dkter dan d beri obat yg d masukkan k vagina dlam 3 hari smbuh tp pda blan januari’11 kputihan ituh kmbuh lagi . sya curhat k ibu sya ttang keluhan ini , tp kta ibu saya dulu dia jg mengalami hal yang sama seperi saya , tp dya biarkan sja .
    prtanyaan saya :
    1. apakah kputihan ituh ada faktor turunan jg ?
    2. sya dengar ja , kputihan tdak normal bsa bikin sulit hmil . tp ibu saya tdak ada kendala apa2 dngan khamilan, apakah saya msh bisa hmil ?

  46. Amanda said

    usia saya 14 th, saya sering mengeluarkan keputihan berwarna kuning pucat, tapi tidak banyak,..
    dan juga berbau.kenapa ya dok? apakah berbahaya? bagaimana mengatasinya?

  47. vinna said

    saya ibu rumah tangga berusia 23 thn, saya sudah memiliki 1 anak. Sebelumnya saya menggunakan KB suntik 3 bulan, tetapi setelah 2 tahun lebih.. datang bulan saya jadi tidak teratur. Bahkan sekarang ini saya sudah hampir 6 bulan tidak menstruasi, dengan ini saya putuskan untuk berhenti KB. tetapi yang terjadi saat ini adalah saya mengalami keputihan yang berlebih, kental agak padat, putih kekuningan, berbau dan gatal. selain sangat menganggu, saya juga takut ini berkaitan dengan gejala kanker serviks. saya belum konsultasikan ke dokter kandungan menganai hal ini. Bagaimana ya dok? apa keputihan saya berbahaya? trmakasih.

  48. merin said

    saya juga mengalami keputihan tp tdk tau normal pa tdak. warna putih kental kadang kuning kering tp berbau sa tdk tau bau amis ,pesing pa apa,jua gadtal tp tdk pd organ intim melainka pda bulu organ luar.

  49. merin said

    saya juga mengalami keputihan tp tdk tau normal pa tdak. warna putih kental kadang kuning kering tp berbau apa tdk tau bau amis ,pesing pa apa,juga gadtal tp tdk pd organ intim melainka pda bulu organ luar.

  50. Lian said

    halo….
    saya mau tanya nich…
    saya mahasiswa 22 tahun. akhir-akhir ini dari vagina saya keluar cairan putih, kental, tapi tidak berbau. kadang juga bening tapi menggumpal. tapi tidak menimbulkan rasa gatal. apakah itu termasuk keputihan yang abnormal dok? saya takut ini berdampak pada rahim saya. terima kasih.

  51. nidia said

    buk mw tanya klo keputuhan konsulny kedoter kandungan yah ? sya ngalami keputihan sekiatr 3 bual terahir ini bu klonsya liat keluat dari vagina sya warnanya putih kental seperti susu yg udh basi tpi pas nelpel dicelana dalam warnanya kuning kalo lg banyak keluar vagina sya gatal dlu pernah air kencing sya agk keruh .. apa sya kena penyakit kencing nanah ? gejalanya apa ? sekitar setahun yg lalu sya semapt hamil tp gugur karena blacghtied ovum apa da pengaruh ? smapai saat ini sya belum pernah hamil lg

    • melileasehat said

      Salam Bu Nindia, Kemungkinan memang termasuk yang keputihan yang tidak normal. Kemungkinan memang ada pengaruh dari penyakit sebelumnya yang Ibu sebutkan. Sebaiknya Bu Nindia segera periksa / konsultasi ke dokter kandungan untuk mengetatahui kondisi yang pasti dan mendapatkan penanganan yang tepat.

      Salam,

      ===========================

  52. Shezy Rattu said

    dokter saya mau tanya…
    nama saya shezy usia 22th, saya mengalami keputihan tp keputihannya saya rasa lain, bentuk keputihan saya kok agak padat yah, tidak berbau atau gatal, berwarna putih agak kekuningan.
    kira2 itu apa yah, keputihan atau apa??

  53. lulu said

    keputihan saya termasuk yang tidak normal,seperti kental, berwarna, berbau, dan gatal. keputihannya setiap hari, kadang dalam satu hari saya mengganti celana dalam sampai empat kali. dan keputihan saya ini mulai 6 bulan yang lalu sampai sekarang,.. mohon solusinya,,

  54. dian said

    dokter saya mau tanya,
    usia saya 26 tahun dan sudah 4 bulan menikah. sebelum menikah saya sering keputihan kadang bening kadang juga kecoklatan dan selesai pipis saya slalu basuh dengan handuk kecil. ketika saya baru menikah sebulan saya periksa ke dokter dan ternyata memang ada jamurnya yaitu pseudohypa positif 1, trus dokter menyarankan untuk memakai tissu jangan handuk. trus pemeriksaan kedua jamur masih ada tapi berkurang. dan sekarang saya belum periksa lagi, tapi kemarin kurang lebih 1 minggu vagina saya gatal sekali, dan ternyata ada tissu menempel di sana lalu saya bersihkan dengan sabun pembersih lactacyd dan tissu nya sudah bersih tapi permasalahannya sekarang vagina saya masih gatal dan cairan keputihannya encer agak kekuningan trus berbau amis. yang saya mau tanyakan berbahaya gak ya keputihan saya itu… terima kasih sebelumnya..

  55. lala said

    Mba saya mau tanya. Sblmnya saya ini msh remaja umur 17thn, saya inget wkt pertama kali keputihan pas kls 2 smp kl tidak salah eh atau kls 1 smp. Keputihan saya berwarnannya tdk jelas. Saat saya sdg buang air kcl terkadang itu berwarna putih jernih (mgkn termasuk keputihan normal) tp setiap saya periksa dicelana dalam warnanya tdk pernah berwarna bening tp wrnnya kuning butek lah tp tdk selalu berbau amis, kadang2 memang berbau amis tp kadang2 berbau tdk jelas sprt asem2 gmn gt. Saya takut knp2 mslhnya rentan wkt saya membiarkan keputihan ini sudah cukup lama. Apa yg hrs saya lakukan? Kl pun kedokter saya hrs kedokter apa? Saya malu soalnya ini mslh bagian dalam saya terlebih lg saya msh remaja. Tlg sekali dijwb, saya takut ini akn beresiko bsr untk masa dpn saya :( Trims :)

  56. rrr said

    saya gaktau apa itu keputihan tapi sering ngeliat iklan diTV.penasaran akhirnya saya ketemudeh apa itu keputihan tapi apa gejala saya ini sama seperti keputiha?
    gejalanya itu saat saya buka celana dlm pasti ada lendir warnanya putih,tapi saya gak tahu baunya,trus lengket dan kalok malam itu gatal banget.dulunyasih agak kuning ke hijau hijauan, tapi sekarang putih susu dan lengket banget. tolong dong apa mungkin itu penyakit keputihan…….?balas ya…..

    • melileasehat said

      Dari gejala yang terlihat, kemungkinan itu termasuk keputihan yang tidak normal, apalagi sampai gatal-gatal. Silakan periksakan dan konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Salam,

  57. quntri said

    saya mau bertanya .
    Saya sudah bebrpa bulan ini mengalami kputihan tp kputihan saya ini aneh . Berwarna bening tpi brcmpur darah . Tidak berbau. Dan badan saya sukar lemas. Kputihan itu akan kluar saat sya sdang kecapean. Cara mengatasinya gmna ya.

  58. tri said

    ass,dok..
    Sya mau tnya tntng kputhan..
    Sya sudah 5thn serng trjd kputhn tp yg lbh parh wkt sya kels 2 Sma kputhan sya serng bnyk n brbau tdk sdap..pdhl kputhan ny pun sangt sdkit tp knp bau tjm ny th sangtlah tdk enk.
    Cri2 kputhan ny wrna kkuningan,kdang brwrna pth,kdang brwrna kcokltan..
    Jd stiap sy braktvitas sya serng skali memakai pmbalut krna kputhan ny th sngat bnyk dok seprt haid..

    Sya hnya ingn tau bgaimna pngobtan ny?
    Thanks..

  59. ci said

    ass,dok…beberapa hr ini sy merasa khwtir..keputihan sy lain dr biasanya…warnanya coklat dan kadang ada sedikit darah.awalnya sy mengira itu haid karena itu masa haid sy..Tp ternyata bukan.sy ingin periksa tapi takut..kira2 pnyebabnya apa y?mohon jawabannya…terimakasih

  60. chacha said

    mba,,aku sudah dua bulan ini keputihan awalnya gatal2 warnanya kuning tapi sekarang sudah tidak gatal lagi warnanya putih tapi kalau sudah menempel di celana dalam berubah menjadi kuning kehijauhijauan…….kira kira apa penyebabnya ya dok
    mksh ,,,,,,,,,

  61. Nita said

    Apakah produk melilea spt GFO bisa menyembuhkan keputihan? Mohon penjelasannya.

  62. sinta said

    dok,, saya mau bertanya.
    kalo siklus mentruasi yg dtang sebulan 2 kali, sebelumnya dawali dengan flek yg dsertai bau tidak sedap..
    itu disebabkan krna apa ya? bgaimana pencegahan dan pengobatannya??

  63. nunung said

    dokter saya setiaap hari itu keputihan , saya ingin tanya,
    1. bahayakah?
    2. apa itu berpengaruh pada kesehatan badan saya ? karena saaya selalu merasa pegal dan sakit punggung dan sangat cepat lelah kalau beraktivitas lebih?
    3. apa dampaknya?
    4. apa obatnya?

    dokter tolong penjelasannya.

    Regard’s
    Nunung hasanah.

  64. aling said

    ibu ,,sy mau tanya,,bbrp hr ini sy mengalami keputihan yg keluar dgn bergumpalan ( besar ),,gatal di daerah v tp ga terlalu sering…bau juga tdk terlalu berat,,itu sebabnya knp ya..tq

  65. uli said

    hd omg haha dwink.com/files/dl.php?b1b5l3-Photo76.JPG

  66. trixie said

    dok sy sudah 8buan ini mengalami keputihan yg tidak normal, gejalanya berwarna kekuningan, berbau amis dan sedikit gatal. sy sudah pernah periksa ke dokter dan dikasi obat, selama sy minum obat tersebut ada efek lidah saya menjadi pahit dan tidak enak makan serta sering mual dan memang keputihannya berkurang tidak berbau dan tidak gatal lg, tapi setelah obatnya habis gejala itupun muncul lagi. yg sy mau tanyakan apakah keputihan sy ini berbahaya? obat apakah yg cukup manjur untuk keputihan sy ini. tolong bantuannya dok. terimakasih

  67. nida adjanni said

    selamat siang,. dok saya mau tanya,
    ada ngga keputihan yang berwarna hitam? soal nya kemarin saya mengalami hal seperti itu, sudah se minggu..
    gejalanya sama seperti menstrulasi pertama, tapi kalo menstrulasi kan cuma setengah hari,. tapi ini hampir satu minggu keluarnya dok,. biasa di jelasakn ga itu termasuk keputihan atau apa?

    trimakasih :)

  68. alfiah said

    salam sehat dok…
    saya langsung saja mau tanya. kalau wanita ada gangguan kehamilan atau gangguan kandungan khususnya masalah keputihan dan sudah ada diagnosa jelas dari dokter kandungan apa memang sebaiknya harus berobat ke dokter yang bersangkutan? kalau pasien tersebut punya referensi dokter spesialis kandungan yang lain yang menurutnya lebih baik apa harus memulai pengobatan dari awal lagi? apa semua dokter kandungan mempunyai standarisasi/cara diagnosa yang sama semua? Terima kasih dokter… salam sehat selalu

  69. ken said

    hai dok saya mau tanya…saya wanita usi 26 thn belum married, beberapa kali dari masa muda ada keputihan namun itu sesekali saja ya lendir bening dan tidak berbau, pastinya karena kecapean, yang sy baru sadari ketika dari desember thn kmaren, saya berpikir itu normal, dan ini yang saya mau tanyakan ke dokter jika misalnya sy beraktivitas seharian kemudian pasti ketika saya mau mandi sore/malam , ada bercak putih tp bkn bentuk lendir melainkan sudah kering jadi kaya tepung putih2, kadangkala kuning. namun tidak gatel. pernah gatel tp beberapa kali saja dan itu udah lama skali…..sy bingung apakah bercak kuning atau tepung spt itu sertiap hari, apakah itu normal dok? skrg sy pakai antiseptic untuk pemberish wanita, blm ada 7 hari, jika sy seharian nga aktivitas bener2 istirahat maka tidak keputihan. memang sy sedang banyak skali makan yg tidak teratur spt roti, biskuit,ciki, dan sebagainya,, nah yang sy mau tanyakan apakah itu pengaruh thd adanya bercak keputihan tsb?

    saya kadangkala jg akhir2 ini stress. sy mohon infonya ya dok.. terima kasih

  70. ibi said

    Saya mau tanya.. Beberapa hari ini kok di celana dalam saya sering ada bercak coklat. Padahal saya sedang tidak haid (haid sudah sekitar 2 minggu yang lalu). Saya bingung, apakah penyebab seperti itu? Dan saya belum menikah jadi tidak mungkin tanda-tanda hamil. Apakah ini bisa sdisebabkan karena stres??? Mohon informasinya.Terima kasih banyak

  71. angie said

    Hi..saya mengalami keputihan, itu terjadi ketika berhubungan intim. berwarna putih dan berbau amis..tetapi tidak terasa gatal dan panas.apakah ini termasuk keputihan berbahaya? bagaimana cara menghilangkan bau amis dan keputihan tersebut?

    thanks

  72. [...] Jenis dan Gejala Keputihan [...]

  73. sasa said

    saya mau tanyaa.,kok keputihan saya cair ya..sebelum mentruasi dan sesudah,,terus beberapa hari berhenti skrg kambuh lagi..mungkin sekitar 1 bulan nan,,obat apa yang perlu saya minum,saya butuh info scepatnya ke email saya..tidak ada rasa gatal.bengkak.atau kemerah”an..tapi tiba-tiba keluar cairan waktu duduk atau waktu berdiri,rasanya hampir sama kayak buang air kecil

  74. Jasmine said

    Apa benar pentyliner herbal dpt mengatasi mslh kewanitaan spt keputihan, mencegah kanker servic dll ? Apa yg membuat pentyliner herbal beda dg pentyliner lainnya ? Thanks

  75. dina said

    Dr saya mengalami keputihan warnanya seperti susu sedikit kuning ke ijo an .. Dan tidak bening ..dan juga agak mengeluarkan bau yg tidak sedap.. Saya sudah melakukan popsmear tapi kata dr hasilnya tidak apa2 dan sehat saja .. Jadi kemungkinan itu knpa yah ..
    Trima kasih

  76. sarah said

    sy mau tanya. 2 hari lagi seharusnya saya sudah menstruasi.. saat ini cairan yg keluar warna putih susu dan pekat (creamy), namun tdk berbau.. sy juga tdk merasakan gatal pada bagian vagina. apakah sy mengalami keputihan? sy mohon informasinya ya.. Thanks

  77. Ayu said

    Saya jga mau tanya nie.
    aQ mulai kptihan itu msh klz 1 smp . Awal itu saya tidak tau dan akhir nya saya biarkan sampai saya duduk di klz 2 SMA ini . Nah disini lah saya baru mengerti kalau keputihan itu sangat berbahaya jika kita tidak bisa menjaga nya. Keputihan yang saya alami yaitu
    sebelum datang bulan atau sesudah nya,, terasa gatal sekali,banyak,kental,kalau udh ganti celana dalam warna nya kuning,bau nya tidak sedap, apalagi jika aQ makan mentimun . Haduh gatal banget . Saya mau ke dokter malu mbax. Apakah kalau tidak segera berobat akan mengalami kemandulan ?.

  78. Cindy Pattymahu said

    dok,, saya masih berusia 20th
    akhir-akhir ini saya mengalami keputihan yang tidak seperti biasanya, keputihannya kental agak kekuningan namun tidak berbau, setiap kali keputihannya keluar daerah kewanitaan saya akan terasa gatal.
    apakah itu tanda dari sebuah penyakit??

  79. Ayu said

    Maaf saya ayu mau bertanya umur saya sudah 29 saya mengalami keputihan dari umur 16 . tapi saya tidak terlalu perduli . sampai akhirnya sekarang saya tahu kalau keputihan itu berAHAYA :( vagina saya sering mengeluarkan semacam lendir warna putih kental dan berbau . biasanya juga saya mengalami gatal pada bagian vagina dan pernah terasa nyeri tanpa sebab . setelah berhubungan biasanya saat saya kencing rasanya mulut vaginax saya pedis :( apa semua itu berpengaruh pada kandungan saya ?? mohon balasannya :'(

  80. Rainy said

    dok, saya berumur 24 thn…
    saya sudah 2 hari ini keputihan, tapi wrnny putih kekuningan agak kental gt….
    sebelum ini juga pernah keputihan denagn wrnny putih kekuningan & putih..
    tapi keputihanny tidak bau….
    jd mnrt dokter gejala yg saya alami tidak ada mslh ato gmn y dok..
    terima kasih..
    mohon saranny?

  81. putri said

    malem kak,saya mau nanya,umur saya 17,saya kalau setelah haid,selalu keputihan,seperti lendir,tapi bening,kadang menggumpal,tapi tidak berbau,dan warnanya putih.kadang putihnya sperti kayak warna kuning.yg di maksud vagina gatal itu liang vagina apa daerah lipatan di sekitar vagina?soalnya saya tdak pernah merasakan gatal di liang vagina,tapi di daerah lipatannya.tolong di jwb ya kak.terima kasih.

  82. mimi said

    hi.nama sy romy.mau tnya.usia saya 17 thn.saya sudah keputihan sejak smp sampai sekarang.dan akhr akhr ini keputihan saya berwarna kecokelatan dan sedikit ada bercak darah lalu kembali berwarna putih susu kehijauan,keputihan apa yg saya alami dan apa dampaknya apakah itu berbahaya

  83. Cut Syadza Meutia said

    Dokter,

    Saya berumur 23 thn, telah mnikah 1 thn yang Lalu.
    SeteLah menikah, vagina saya bagian luar sering gatal, terutama setelah berhubungan dengan suami, hal tersebut tidak pernah saya temui semasa gadis.
    Kejadian seperti itu masih saya rasakan hingga sekarang,
    Kemudian, ketika selesai berhubungan biasanya ada cairan kental seperti bubur di sekitar vagina, tepatnya di bagian bawah vagina (setau saya itu bukan sperma, krn bntuk cairannya beda), cairan tersebut tdk berbau sama sekali.
    dan Lagi akhir2 ini, vagina saya sering ada putih di dinding2 bagian Luar vagina, seperti di Labia mayor dan minornya, namun tak ada bekas di celana dalam, bentuknya seperti daki jika kita gosok/bersihkan, tdk cair dan tidak berbau.

    Yang ingin saya tanyakan:
    1. apakah rasa gataL seteLah berhubungan dengan suami itu hal yang normal??
    2. Cairan yang keluar setelah berhubungan itu kira2 cairan apa?
    3. Daki putih di dinding bagian vagina Luar itu apa?
    4. Apakah semua itu gejaLa keputihan abnormal???
    5. Apakah ada kemungkinan hal itu yang mnyebabkan hingga hari ini kami belum mempunyai keturunan?

    Terima Kasih jawabannya, :)

    • melileasehat said

      Salam Bu Cut Syadza Meutia, Melihat gejalanya kemungkinan keputihan abnormal. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat silakan periksa /konsultasikan dengan dokter Anda.

      Catatan: *Maaf, sy bukan dokter.* Artikel yang tertulis hanya sebatas untuk pengetahuan dasar / secara umum. Untuk konsultasi yang lebih mendalam dan penanganan yang tepat disarankan untuk berkunjung secara langsung ke dokter Anda.

      Salam,

  84. rere said

    dok,,,saya jg punya keluhan,,,sjak dlu sya pnh mengalami keputihan tp krna sya g ngerti,,,jdi sya hiraukan.kptihan yg kntal tp g brbau dok.sekrang sya menglami rasa gatal dok,rsa gtal itu jrang sya alami,tpi ktika rsa gtal itu dtang,sya garuk dok,,,dan smpai suatu saat sya beranikan liat miss v sya,,,trnyata ad smcam hitam” sprti luka yg kring gitu dok,,,dlu sya pnh sprti itu n pnh sya obti pke alb***** dan hilang trs skrg tmbul lg.kta tmen sya itu trmsuk IMS,,,ap btul itu dok??? Trs bgaimna cra pncghannya.trimkasih

  85. andika wulan sari said

    dok saya udah 2bln ini mengalami keputihan yg berbentuk padat berwarna putih kekuningan,gatal tp tidak bau tp perut saya terasa nyeri dok …
    gejala apa itu dok,saya mrasa cemas dan takut
    tolong di jawab ya dok.

  86. indra said

    mba saya punya keluhan gni… umur saya 22thn, saya mengalami keputihan bentuk nya tu lendir tp ada gumpalan kecil” warna putih,,,tp gaga gatal…baunya jg agag aneh…kira” bhaya gag y mbak…. soalnya wktu ini udah saya priksakan ke dokter,,, trus dikasi obat yg di msukin ke vagina…tp skrng kmbuh lg…

  87. yanti said

    Mba, sy mau tnya . . . beberapa hari ini sy mengalami keputihan, berwarna putih kental, tp kadang-kadang berwarna kuning, putih encer, kadang gatal dan kadang gak gatal, tetapi saat ini terasa nyeri bgt di bagian vagina . . . kira-kira knp ya mba? . . . makasih

  88. Puspita putri said

    Dokter ?
    Saya udah berbulan” keputihan , dan keputihan saya ini berbau sehingga org” d skitar saya mrsakan bau nya , jika saya terus berobat dgn teratur , akankan keputihan ini sembuh ? Tetapi jika saya salah mengobatinya , apakah saya akan mandul ?

  89. momo said

    Mba saya mau tanyq nih….

    Saya keputihan dari saya SMA smpai skrng usia sya 19 tahun
    Tapi akhir akhir ini parah sekali….
    tiap kali keluar sehingga sya harus mengganti clana dlm saya trus

    Ciri ciri keputihan sya…..
    putih encer, berbau…..
    klo sya berhubgan intim ada darah sedikit dipenis suami.saya……
    Kenapa ya mba

    Obat /jamu apa yg harus sya minum…….

  90. risa said

    dok,saya risa umur 18 tahun..
    kenapa ya dok,saat saya buang air kecil..terasa ngilu,perih dan gatal…dan kadang2 keluar cairan putih kental seperi keputihan .
    tetapi saya malu untuk memeriksanya ,apa itu bisa berakibat parah?

  91. siska novianti said

    saya punya teman yang terkena keputihan berwarna kuning ke hijauan , cair , berbau busuk ,

    kira kira teman saya terkena penyakit berbahaya gak ?

  92. risa said

    Salam kenal…
    Sya jg mnglami kpthan bnyak skli dan sgt mngganggu aktvts.. dulu mmg kpthn sya bau skali tp smnjak mmaki sbun srih Uϑªh tdk bau lg.. tp kpthn.a msh bnyk spt dulu…
    yg sya ubgib prtnyakan…. sya prnh mnglami rasa ngilu pd malam hri d bag.intim sya shngga sya tdk bsa tdr semalaman..apakah ini pnybab dri kptihan ???
    Terima kasih….tlong jwbn.a :)

  93. dewi said

    saya setiap hari keputihan, warnanya putih dan tidak berbau. tetapi pada saat menstruasi rasanya sangat sakit pada mrs.v saya,

  94. eka said

    mba, saya eka
    saya mengalami keputihan yg berwarna hitam pekat dan kental menggumpal baunya agak amis ya ?
    saya mau tnya itu kenapa ya? apakah itu keptihan yg brbhaya? saya mau cek ke dokter agak takut. biasanya saya keluar seperti itu kalau saya sedang kecapean. daerah vagina saya juga agak sdkit gatal klo sedang buang air kecil, serta keluar lendir yg menggumpal seperti keputihan trsebut.
    apakah itu jenis keputihan yg berbahaya mba
    terima kasih

  95. wiee said

    doker..

    saya mengalami keputihan , di V saya terasa panas seperi tebakar,gatal,berbau tidak sedap dan keluar cairan berwarna kekuningan ..
    apa itu berbahaya ?? dan apa yang harus saya lakukan.. ..
    saya malu untuk periksa ke dokter ,tolong balas pesan saya..

    terima Kasih …

  96. lia said

    maaf mba, aq mo nnya nih…
    bru 2 hari terakhir aq datang keputihan .tapi ga seperti biasanya…bentuknya seperti tissu basah.ga berbau.dan agak banyak mba…
    apakah bahaya?trus gimana cara mengobatinya?apakah bisa kembali normal..

    tolong dibles ya mba…
    trimakasih..

  97. dian said

    dokter saya udh mengalami keputihan hampir 3 tahun,,, kalo prtama kena terasa gatal2 dan berbau,,, tp sekarang hnya berbau dan makin byk keputihanx, apakah ini dpt mmbuat sy mandul dok???

  98. amhel said

    dok saya mengalami keputihan sudh 3 tahun kalau saat keputihan biasanya gatal,bau tdk sedap,dan meninggalkan noda di celana termasuk keputihan normal atau abnormal……….?????????????
    terima kasih :)

  99. yustin said

    saya keluar cairan lendir berwarna kuning kental sekali tp baunya tidak mencolok,, dan itu banyak sekali,,kir2 apa ya,,??bbrp kali ada sedikit bercak tp cm sehari itu sj

  100. fitri said

    mau tanya, kalau keputihan warnanya putih susu tetapi cair dan tidak berbau itu bahaya gak ya?

  101. iis said

    saya mau tny,udh 3 bln ni sy keputihan,kadang sampai warna kehijauan.,dan sy lg hamil.,apakah bahaya,

  102. arty said

    Dokter sya mengalami keputihan sudah 2hari ini,keputihannya tidah cair tp pdat dan lunak,tdk lengket,warnanya putih kekuningan,tidak amat bau,terasa gatal dah terasa panas pada vagina setelah buang air kecil,saya harus gimana ya dok,saya malu kalau harus konsultasi ke dokter kandungan,apa itu berbahaya dok?makasih

    • melileasehat said

      Silakan sebaiknya konsultasi / periksakan ke dokter Anda secara langsung untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
      Tidak perlu malu, cari dokter yg wanita biar lebih nyaman.

      Nb: maaf, saya bukan dokter. Saya hanya berbagi artikel sebagai bahan wawasan, sedikit pengetahuan dan referensi.

      Salam,

  103. nindhita said

    permisi , saya mau tanya
    saya pelajar SMA berumur 18
    sering keputihan tetapi kental , kadang elastis bisa ‘ditarik’ keluar , kadang bening , kadang padat berwarna susu putih
    berbau , tetapi tidak terlalu menyengat , tidak gatal dan tidak perih , perut juga tidak sakit
    pernah juga , keputihan yang padat sekali seperti permen karet berwarna putih susu beserta ada bercak merah seperti darah
    apakah saya normal ?
    terimakasih

  104. aguz said

    mbak kenapa ya aku keputihan gumpal putih kalu hubungan sama suami aku kadang nempel di barang suami saya????/

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: